Pada dasarnya, sup merupakan makanan dengan kuah kaldu yang memiliki manfaat untuk membangkitkan selera makan, menambah gizi,  maupun untuk menetralkan rasa pada lidah. Sup bisa diisi berbagai jenis daging, sayur atau bahan-bahan lainnya. Jadi, moms yang bosan dengan sayur bening bisa mencoba membuat sup sebagai menu sahur yang sehat. Berikut beberapa kreasi sup lezat yang dapat moms coba di rumah.

Sup Ayam 

Sup ayam menjadi favorit keluarga karena kaldu ayam memiliki aroma khas yang menggugah selera makan. Sup ayam juga kaya manfaat dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Moms dapat menggunakan penyedap rasa sebagai kaldu, maupun menambahkan kaldu dari ayam secara langsung. Daging ayam yang lezat juga dapat ditambah aneka sayuran seperti kentang, buncis, wortel serta seledri dan daun bawang agar lebih segar.

Sup Kimlo
 
Sup kimlo adalah hidangan yang berasal dari Palembang dan punya cita rasa khas Tionghoa. Bahan-bahan khas yang menjadikan Sup Kimlo istimewa adalah jamur kuping, buncis dan bunga sedap malam.
 
Siapa yang sangka kalau bunga sedap malam dapat dijadikan menu sup yang lezat. Sebelum dimasak, bunga sedap malam harus dikeringkan terlebih dahulu. Bunga sedap malam kering ini bagus untuk mencegah anemia. Moms bisa mendapatkannya di took bahan masakan Cina. Cara mengolah bunga sedap malam kering adalah:

  • Buang putik sedap malam sebelum diolah karena itu terasa pahit.
  • Rendam sedap malam hingga mekar, kemudian dicuci sampai tiga kali agar aroma asamnya hilang.

Uap masakan sup kimlo akan jadi lebih wangi dan sangat sedap. Namun jika kesulitan mendapatkan bahan ini, Moms bisa menggantinya dengan bunga pisang kering.
Agar mendapat manfaat maksimal, tambahkan ayam kampung karena mengandung protein tinggi dan lemak yang sedikit. Campuran udang juga memberikan Omega 3 dan berkhasiat mencegah kanker. Di samping itu, berikan pula sayur-sayuran agar keluarga mendapatkan mineral dan vitamin yang cukup untuk kesehatan tubuh.

baca juga

Sup Buntut
 
Sup Buntut sangat terkenal di pulau Jawa sebagai makanan dengan bahan utama buntut atau ekor sapi. Indonesia yang kaya rempah menjadikan sop buntuk menjadi sangat nikmat. Selain buntut sapi beserta balungannya, Moms bisa menambahkan wortel, tomat, kentang, minyak goreng dan batang daun bawang.  Sementara itu, bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, pala halus, seledri cincang, lada halus, dan garam halus.
 
Selain sayuran yang mengandung vitamin, buntut sapinya sendiri juga mengandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor maupun  zat besi yang bermanfaat dan bergizi tinggi.

Sup Iga Sapi
 
Daging Iga Sapi merupakan bagian daging yang berasal dari daging di sekitar tulang iga ataupun tulang rusuk sapi. Iga sapi sering disebut Rib dan sangat enak dibuat steak dengan atau tanpa tulang. Iga sapi mengandung protein, kalsium, zat besi, kalori. Selain itu juga terdapat kolesterol pada bagian tersebut, jadi lebih baik tidak dikonsumsi terlalu sering, cukup sesekali saja ya Moms.
 
Nah, itulah kreasi sup yang dapat dijadikan menu lezat saat sahur selama Ramadhan ini. Dengan menyajikan menu hangat, perut jadi nyaman dan kandungan gizi di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh selama menjalankan puasa. Yuk, moms, coba kreasi sup lezat sebagai menu sahur keluarga.