Pentingnya Mengajarkan Anak Etika Bertamu

source: https://www.zerotothree.org/

Pernahkah Mommy merasa jengkel karena anak dari tamu yang datang memecahkan cangkir kesayangan Mommy? Atau mungkin saat anak-anak tersebut tanpa disadari mencoret-coret dinding dan sofa di ruang tamu? Meskipun pada kenyataannya kita harus memaklumi anak-anak yang masih belum mengerti, sudah sepatutnya orangtua mulai menekankan dan mengajarkan etika pada anak, khususnya saat bertamu ke rumah orang lain.

Cara Mengajarkan Etika Bertamu Pada Anak

source: https://star941atlanta.radio.com/

Mengajarkan etika bertamu memang terkesan kompleks untuk dilakukan. Pasalnya, ini berbeda dengan aktivitas-aktivitas lain seperti etika saat makan atau etika belajar. Namun, kenyataannya, etika bertamu sangatlah erat kaitannya dengan mengajarkan etika-etika dasar dalam kehidupan anak itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Mommy lakukan untuk mengajarkan etika bertamu pada anak :

  1. Biasakan melakukan komunikasi dua arah dengan anak. Komunikasi dua arah ini sangat penting untuk dilakukan agar anak terbiasa mendengar arahan dari orangtuanya. 
  2. Berikan ruang pada anak untuk ia atur dan kelola sendiri. Buatlah anak memahami apa yang dimaksud dengan ruang pribadi orang lain dengan membuatnya merasakan memiliki ruang pribadinya sendiri. 
  3. Ajarkan tata cara bertamu yang baik. Setelah Mommy bisa membangun komunikasi dua arah dan memperkenalkan apa itu ruang pribadi pada anak, si kecil akan lebih bisa menerima arahan mengenai tata cara bertamu itu sendiri.
baca juga

Etika Bertamu yang Harus Diajarkan Pada Anak

source: https://www.kitchenstewardship.com/

Saat bertamu, ada beberapa hal yang harus Mommy ajarkan pada anak agar ia paham bagaimana seharusnya seseorang bersikap saat berkunjung ke rumah orang lain. :

  1. Ketuk pintu saat bertamu. Ajarkan bahwa mengetuk pintu atau mengucapkan salam dapat dilakukan maksimal tiga kali. Apabila tidak ada jawaban atau respon dari tuan rumah, maka sebaiknya pulang dan datang lagi lain waktu.
  2. Saat tuan rumah sudah membukakan pintu tunggulah untuk dipersilakan masuk dan duduk. Jika sudah dipersilakan, barulah kita masuk dan duduk.
  3. Mintalah anak untuk duduk tenang dan bersabar menunggu urusan Mommy selesai.
  4. Apabila anak memerlukan atau menginginkan sesuatu, mintalah ia untuk mengungkapkannya pada Mommy dengan cara berbisik tanpa memotong pembicaraan.
  5. Saat disuguhi makanan atau minuman, sebaiknya makan dan minum secukupnya.  


 

source: https://www.kidsquestmuseum.org/

Nah, itulah beberapa hal penting seputar etika bertamu yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi sosok yang selalu bersikap sopan dan santun, khususnya saat bertamu.