1. Pilih Warna Cat Dinding Atau Motif Wallpaper yang Tepat

source: https://www.pinterest.com/

Pemilihan warna cat dinding dan motif wallpaper memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kesan luas atau sempitnya sebuah ruangan. Untuk ruangan dengan ukuran yang sempit, warna cat yang lebih disarankan adalah warna putih. Warna putih ini memiliki sifat memantulkan cahaya yang baik sehingga ruangan akan terkesan lebih lega. Namun, jika Mommy memilih untuk menggunakan wallpaper, pilih wallpaper dengan warna dasar putih dengan corak kecil-kecil. Corak besar akan membuat suasana ruangan terkesan penuh dan sempit.

2. Gunakan Laci dan Rak Dinding

source: https://www.pinterest.com/

Kurangi meletakkan perabotan yang diletakkan di lantai. Keberadaan perabotan seperti rak dan laci ini akan mengurangi ruang bergerak sehingga kesan yang ditimbulkan adalah ruangan yang sempit. Mommy lebih dianjurkan untuk menggunakan rak dan laci dinding di mana barang-barang tetap dapat tertata dengan rapi tanpa memenuhi area lantai.

baca juga

3. Pasang Cermin Besar 

source: https://www.pinterest.com/

Cermin besar dalam sebuah ruangan akan membuat kesan ruangan yang lebih luas. Apabila Mommy menginginkan kesan ruangan yang benar-benar luas, memasang cermin besar di dinding akan menjadi salah satu cara yang tepat. Selain itu, Mommy juga bisa menggunakan lemari atau rak yang terdapat cermin pada pintunya. Perabotan seperti ini juga lebih dianjurkan untuk digunakan pada ruangan yang sempit.

4. Pertimbangkan Furniture Multifungsi

source: https://www.pinterest.com/

Terakhir, cobalah untuk mencari referensi dalam merancang furniture multifungsi. Menggunakan furniture yang serbaguna dapat menghemat penggunaan ruang sehingga akan membuat ruangan tampak lebih luas. Misalnya, pilih sofa dengan tempat penyimpanan dibalik bantal-bantalnya. Selain itu, meja dengan tempat menyimpanan buku juga akan membantu menghemat penggunaan rak buku atau bahkan sofa yang dapat dijadikan tempat tidur.