Pentingnya Sex Education untuk Anak

source: https://www.verywellfamily.com/

Tidak bisa dipungkiri, sex education yang kerap tabu dibicarakan antara orangtua dan anak memiliki dampak yang serius pada kondisi sosial di masyarakat saat ini. Itu sebabnya, Mommy perlu memperhatikan pendidikan awal tentang seks sejak dini. Jika di usia balita anak-anak sudah diperkenalkan mengenai alat kelamin serta aturan siapa saja yang boleh melihat dan menyentuhnya, di usia yang lebih besar anak perlu mulai diajarkan mengenai proses alami seputar reproduksi yang terjadi dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah menstruasi. 

Menjelaskan menstruasi pada anak perempuan biasanya cenderung lebih mudah. Karena mereka akan mengalaminya dan Mommy juga perempuan yang sudah mengalaminya. Namun, bagaimana dengan anak laki-laki?

Tips Menjelaskan Menstruasi Pada Anak Laki-Laki

source: http://www.maxwellhodge.co.uk/

Saat sang ibu atau kakak perempuan datang bulan, tidak jarang anak laki-laki akan mempertanyakan apa yang terjadi. Mengapa sang ibu dan kakak tidak melaksanakan ibadah? Mengapa sang ibu dan kakak tidak berpuasa di bulan Ramadhan? Mengapa ibu dan kakak membeli "popok" di supermarket saat berbelanja bulanan?

Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa Mommy lakukan untuk menjelaskan menstruasi atau haid yang terjadi pada perempuan ke anak laki-laki.

baca juga

1. Sebutkan bahwa yang dialami ibu dan kakak perempuannya adalah haid atau menstruasi.

source: http://novakdjokovicfoundation.org/

Jangan ragu untuk menyebutkan kondisi yang sedang terjadi adalah haid atau menstruasi. Hindari mengucapkan kata-kata seperti datang bulan, kedatangan tamu, atau beberapa ungkapan kiasan lain yang menyulitkan anak untuk paham arti menstruasi itu sendiri.

2. Paparkan proses yang terjadi dalam tubuh perempuan dan bagaimana menstruasi terjadi dalam penjelasan yang mudah dipahami.

source: https://www.stayathomemum.com.au/

Kemudian, jelaskan bahwa menstruasi adalah sebuah proses alami yang pasti dialami oleh semua perempuan. Menstruasi terjadi setiap bulan di mana perempuan akan mengeluarkan darah dari vaginanya. 

baca juga

3. Arahkan si kecil pada sikap yang dewasa terhadap menstruasi.

source: https://yourteenmag.com/

Jangan membuat kesan bahwa menstruasi adalah hal yang memalukan dan rahasia. Paparkan pada si kecil bahwa saat menstruasi perempuan cenderung lebih mudah lelah karena terkadang muncul rasa sakit perut. Itulah sebabnya perempuan yang menstruasi tidak bisa ikut olahraga atau bahkan berpuasa.

Itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan saat seorang anak laki-laki menanyakan apa itu menstruasi. Pengetahuan dan arahan yang jelas akan membuat anak lebih dewasa dalam menyikapi sebuah proses alami dalam tubuh.