Lupa Mandi Junub, Bolehkah Berpuasa?

Dalam Islam, setelah pasangan suami istri melakukan hubungan seksual diwajibkan untuk mandi besar atau mandi junub. Saat bulan puasa, berhubungan intim biasa dilakukan di malam hari sehabis sholat tarawih. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan terkadang membuat lupa untuk mandi junub saat sahur. Lalu, bolehkah tetap berpuasa? Berdasarkan beberapa hadits memperbolehkan mandi junub sebelum sholat subuh dan tetap berpuasa di hari tersebut.

source: https://img-s-msn-com.akamaized.net/tenant/amp/entityid/BBUr7xR.img?h=521&w=624&m=6&q=60&o=f&l=f

Hadits yang Menjelaskan Aturan Mandi Junub Saat Berpuasa

Dilansir dari Rumaysho.com, terdapat hadits yang menceritakan keadaan Rasulullah yang sedang jinib hingga fajar dan tetap berpuasa. 

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

قَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُدْرِكُهُ الْفَجْرُ فِى رَمَضَانَ وَهُوَ جُنُبٌ مِنْ غَيْرِ حُلُمٍ فَيَغْتَسِلُ وَيَصُومُ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa.” (HR. Muslim no. 1109)

Hadist tersebut diperkuat dengan ayat dalam Al Quran yaitu:
 

فَالْآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam” (QS. Al Baqarah: 187).

source: https://wahdah.or.id/wp-content/uploads/2016/04/wudhu.jpg
baca juga

Tata Cara Mandi Junub

Tata cara mandi junub menurut Sunnah Rasulullah SAW dijelaskan dengan jelas oleh Ustadz Khalid Basalamah, MA dalam video berikut ini:

youtube:iJNlsvP7WUc
source: https://youtu.be/iJNlsvP7WUc
Panduan: Tata Cara Mandi Junub - Ustadz Khalid Basalamah, MA

Demikian beberapa informasi mengenai mandi junub saat bulan puasa dan tata caranya. Semoga bermanfaat ya Moms dan Dads!