Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil

Ketika hamil, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya rasa nyeri pada punggung Mommies, diantaranya adalah

  • Perubahan hormon
  • Bertambahnya berat badan
  • Pertumbuhan bayi dalam perut
  • Perubahan postur tubuh
  • Stres
  • Jarang Berolahraga

Pijat Ibu Hamil

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang pertama adalah melakukan pijat ibu hamil. Moms bisa meminta terapis atau Dads untuk memberikan pijatan lembut pada punggung bagian bawah dan seluruh pinggang. Pijatan ini mampu meredekan rasa nyeri yang muncul. Ingat, jangan dipijat terlalu keras ya, Moms.

source: https://id.theasianparent.com/
baca juga

Mengompres Punggung

Cara kedua adalah dengan mengompres punggung Mommies. Moms bisa mengompres punggung Mommies selama kurang lebih 20 menit dengan handuk yang diisi dengan es batu. Lalukan cara ini beberapa kali dalam sehari ya, Moms. Setelah tiga hari, ganti kompresan dengan menggunakan air hangat. Moms bisa menempelkan botol berisi air hangat pada punggung.

source: https://www.physiomedicalclinic.com/

Olahraga

Dengan ruting berolahraga ketika hamil, Moms bisa meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Lakukan olahraga yang aman pada masa kehamilan, seperti yofa prenatal, berjalan kaki, senam kegel, dan berenang.

source: https://gayahidup.republika.co.id/
baca juga

Chiropractic

Chiropractic merupakan terapi tulang belakang yang aman untuk ibu hamil. Namun sebelum melakukan terapi pada tulang belakang ini, disarankan Mommies berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Mommies. Jangan lupa untuk memperhatikan tempat praktik terapi chiropractic, ya. Apakah memiliki izin resmi atau tidak.

source: https://www.honestdocs.id/t

Gunakan Bantal Sebagai Penyangga

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang terakhir adalah dengan menggunakan banyal sebagai penyangga. Cara ini selain dapat membuat Mommies tidur lebih nyenyak, namun juga baik untuk meredakan nyeri punggung. Moms bisa berbaring pada posisi menyamping, kemudian gunakan bantal penyangga untuk menyangga punggung dan perut. Tekuk lutut, dan selipkan bantal diantara paha.

source: https://nakita.grid.id/

Nah Moms, itu tadi cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang bisa Moms coba di rumah. Happy pregnancy, Mommies.