Manusia mana yang ingin merasakan patah hati? Tapi fase kehiduapan manusia tidaklah selalu mulus, terkadang ia merasakan bahagia ataupun sebaliknya. Keterpurukan diri sering disebabkan oleh patah hati dan nyatanya ini membahayakan kesehatan kita loh, moms.

Masalahnya, patah hati sering menguras emosi yang ujung-ujungnya nih bisa mempengaruhi pada kesehatan fisik. Bahkan di beberapa kasus, patah hati bisa menyebabkan sejumlah penyakit serius loh. Yuk, pelajari 5 poin penting bahaya patah hati untuk kesehatan!

1. Stres Berkepanjangan

Bagi orang-orang yang mengalami patah hati, hidup akan terasa sangat berat dan semangat hidup pun hilang. Bahkan beberapa di antara insan yang merasakan patah hati tidak sanggup menjalani kehidupan, hingga mengambil jalan pintas dengan mengakhirinya hidupnya.

Sebelum seseorang merenggut nyawanya sendiri, ada satu fase yang mereka lewati yaitu stres.  Ini juga penyebab dari ketidak seimbangan antara hidup dan perasaan. Stres berkepanjangan bisa juga menyebabkan penyakit yang disebut 'Broken Heart Syndrome' atau sindrom patah hati.

baca juga

2. Daya Tahan Tubuh Menurun

Stres akibat patah hati pun bisa merusak sistem kekebalan tubuh, sel, dan menyebabkan peradangan. Bagian-bagian sisitem kekebalan tubuh yang bertugas melawan infeksi dan mengawasi virus yang masuk mulai kehilangan kekuatannya. Hingga sampailah korban patah hati tersebut terserang penyakit atau biasanya flu.

3. Gangguan Tidur Hingga Insomnia

Sulit tidur pun sering menimpa orang yang dilanda patah hati. Pikiran kalut ditampah kecemasan jadi kombinasi yang pas penyebab insomnia. Kebanyakan orang akan mengalami masalah tidur selama beberapa minggu pertama setelah perpisahan alias awal penyesuaian diri terhadap perubahan. Ketika ada seseorang di sekitar moms yang merasakan hal seperti ini, jangan sungkan menghubungi dokter ya.

baca juga

4. Muncul Jerawat

Saat stres menimpa, hormon biasanya mengalami perubahan. Tentu ini dapat menyebabkan jerawat. Bahkan menurut studi tahun 2007 yang dimuat di The New York Post menyatakan, sebesar 23% kasus jerawat muncul saat orang-orang berada di bawah tekanan stress sangat tinggi, seperti patah hati.

Peningkatan produksi hormon kristol menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak. Inilah yang menjadi alasan seseorang patah hati sering kali disertai dengan muculnya jerawat. 

5. Rambut Rontok

Patah hati berlebihan juga akan merusak rambut loh moms. Beberapa folikel rambut kemungkinan mengalami keadaan 'Telogen Effluvium', yaitu keadaan istirahat untuk tumbuh. Jika terus berlanjut, rambut pun akan rontok.