Makanan Sehat Selama Hamil

1. Buah-buahan

Selama hamil kamu membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. Sumber alami ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan. Ada beberaa buah yang sangat diajurkan dikonsumsi saat hamil yaitu pisang dan jeruk. Pisang merupakan makanan terbaik bagi bumil karena mudah dicerna dan menjadi sumber energi. Sementara jeruk merukan sumber vitamin C untul melawan infeksi dan menyerap zat besi yang diperlukan tubuh. 

2. Daging

Daging, ikan dan unggas seperti ayam kaya akan zat besi dan lebih mudah diserap oleh tubuh, ketimbang zat besi yang ada di dalam sayuran dan kacang-kacangan. Karena itu, makanan tersebut harus ada dalam menu harianmu selama hamil. Tapi ingat untuk mengolahnya dengan baik dan matang ya, Moms!

3. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tumbuh-kembang janin di dalam rahim. Namun, ada pro dan kontra soal keamanan mengonsumsi telur selama hamil. Konsumsi telur sangat disarankan, namun harus dikonsumsi dalam keadaan matang, seperti direbus, omelet, dan digoreng. 
 

source: http://goodtoknow.media.ipcdigital.co.uk


4. Bayam 

Bayam merupakan sayuran yang kandungannya cukup komplit karena di dalamnya terdapat folat, zat besi, dan kalsium. Nah, folat sangat penting selama kehamilan karena mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Ada trik untuk mempertahankan nutrisi bayam, yaitu dengan merebus bayam, dan mengolahnya menjadi campuran jus. 

 

baca juga

Pantangan Makanan


Pantangan ibu hamil soal makanan juga ada banyak. Beberapa di antaranya seperti: 

1. Seafood yang Tinggi Merkuri 

Meski bumil dianjurkan mengonsumsi banyak ikan kala hamil, namun dianjurkan untuk hati-hati memilih ikan. Ada beberapa ikan yang mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti ikan toda, king mackerel, tilefish dan sebagainya. Kalau ikan dan seafood yang tinggi merkuri ini dikonsumsi bumil, maka berisiko membahayakan sistem saraf janin. 

2. Makanan yang Tidak Matang

Jenis-jenis makanan seperti daging, ikan, unggas, telur enggak boleh kamu konsumsi dalam keadaan mentah selama hamil. Apabila selama ini kamu penggemar sashimi dan sushi, maka tahan diri untuk tidak mengonsumsinya selama hamil. Sama halnya juga dengan daging yang belum matang dan telur mentah, tidak boleh dikonsumsi. Alasannya karena dapat menyebabkan penyakit pada bayi yang kamu kandung.
 

source: http://i2.mirror.co.uk


3) Makanan dan Minuman yang Tidak Dipasteurisasi 

Jangan pernah mengonsumsi susu ataupun produk turunannya seperti keju kalau belum dipasteurisasi ya, Moms. Adapun alasannya karena bakteri pada makanan dan minuman akan masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi janin.