1. Buah Nanas

Moms pasti nggak asing dengan mitos “makan nanas dapat menggugurkan bayi”. Sebenarnya, ini hanyalah mitos lho. Buah nanas belum cukup kuat untuk menggugurkan janin karena kandungan bromelain masih tergolong kecil. Tapi, Moms tetap harus menghindari buah satu ini saat hamil muda karena rasa asamnya bisa membuat asam lambung Moms naik dan mengakibatkan diare.

2. Buah dan Daun Pepaya

Mendengar buah ini disebutkan, tentu Moms jadi sedikit bingung kan? Walau pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, tapi Moms harus menghindarinya saat proses kehamilan. Pepaya bisa menyebabkan kontraksi uterus. Meskipun konsentrasinya tidak setinggi seperti pepaya mentah. Pepaya juga bisa menghambat pipa makanan yang dialirkan ke janin, jadi jain bisa kekurangan nutrisi Moms.

baca juga

3. Buah Anggur

Mengonsumsi anggur secara berlebihan dapat membuat Moms mengalami keracunan. Hal ini karena kandungan reseveratrol yang terdapat di anggur terbilang cukup tinggi sehingga konsumsi secara berlebih dapat memicu terjadinya keracunan.

4. Buah Durian

Kadar gula di dalam durian cukup tinggi sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan kadar gula darah tinggi saat hamil dan tentunya berdampak tidak baik bagi kehamilan serta janin. Dampak buruk dari mengonsumsi durian yaitu kolesterol, hipertensi, bayi dengan berat badan besar, dan bayi kekurangan oksigen. Kesimpulannya, Moms dapat mengonsumsi durian saat hamil namun dalam jumlah yang wajar, tidak berlebihan ya.

baca juga

5. Sushi

Moms, saat proses kehamilan, Moms diharuskan untuk menghindari makan sushi dan shasimi ya. Seafood mentah atau yang dimasak setengah matang dapat membahayakan janin karena terkadang masih terdapat cacing parasit dalam dagingnya. Apalagi jika tempat dan proses persiapannya tidak steril. Oleh karena itu, sebaiknya hindari ikan dan kerang mentah seperti yang biasanya ada di sushi dan sashimi.

6. Makanan Mentah

Mengonsumsi buah dan sayur yang segar memang memiliki banyak manfaat. Tapi, pastikan jika Moms mencucinya hingga bersih dengan air mengalir ya. Makanan yang mentah sangat dikhawatirkan terdapat berbagai bakteri jahat yang dapat emnyerang janin Moms. untuk lebih amannya, masaklah makanan tersebut hingga matang.

7. Keju Lembut

Walau enak, Moms juga harus menghindari keju lembut. Kemungkinan di dalam keju lembut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Cobalah hindari varian keju seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dll. Makan keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan seperti bakteri) saja ya, seperti keju parmesan dan cheddar bisa menjadi pilihan yang bisa dimakan saat hamil.

8. Ikan Laut yang Banyak Mengandung Merkuri

Kandungan merkuri tinggi dapat menganggu proses perkembangan tak janin. Beberapa jenis seafood di Indonesia yang dilaporkan memiliki kadar merkuri cukup tinggi adalah udang, salmon, tuna, sarden, lele, ikan bilis, ikan nila (tilapia), dan ikan trout. Semakin besar ukuran ikan, semakin banyak juga merkuri yang dikandungnya. Jadi, Moms bisa menghindari ikan-ikan tersebut ya!