Tips memilih sekolah dasar
Bagi Moms yang memiliki anak usia 6-7tahun, akan menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Beberapa sekolah negeri dan swasta pun sudah banyak yang membuka pendaftaran. 

source: https://www.finansialku.com/sekolah-swasta-sekolah-negeri/amp/

Dalam memilih sekolah dasar anak, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan orangtua. Karena pada sekolah dasar inilah karakter anak akan dibentuk dan jenjang waktu yang lama selama 6 tahun akan mereka tempuh di SD. Selain itu, minat dari anak juga harus dipentingkan. Kita tidak bisa memaksakan anak sekolah di tempat tertentu, tapi ternyata tidak sesuai dengan keinginan anak. Nah, sebenarnya apa saja sih yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah dasar yang tepat untuk anak kita Moms.

Lingkungan sekolah
Moms bisa menilai kondisi dan lingkungan dengan melihat dari open house yang digelar setiap sekolah untuk menarik minat orangtua dan anak. Moms bisa memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah, juga interaksi terhadap pengajar hingga suasana kegiatan belajar-mengajar.

source: https://pendidikandisekolahdasar.blogspot.com/p/blog-page_8671.html?m=1

Fasilitas yang dimaksud bukan hanya laboratorium penunjang kegiatan belajar mengajar, namun kebersihan toilet, suasana tempat makan siswa/siswi, dan kondisi bangunan serta kelas. Cukupkah untuk mendukung proses belajar dan mengajar yang menyenangkan bagi anak?

baca juga

Tenaga pengajar
Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak. Untuk mengetahui hal ini Moms bisa datang ke sekolah langsung dan menanyakannya pada pihak sekolah. 

source: https://krjogja.com/web/news/read/55722/Sragen_Masih_Kekurangan_1_533_Guru_SD_SMP

Guru yang baik, profesional, dan memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang yang diajarnya, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan di kelas dan dapat berkomunikasi dengan anak. Bila sekolah yang Moms minati menawarkan class trial, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan calon guru dan melihat aktivitas belajar di sekolah tersebut.

Pertimbangkan jarak sekolah
Jarak sekolah jadi hal yang perlu dipertimbangkan. Sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh daeri rumah, lebih sesuai bagi si kecil. Jarak yang jauh akan berpengaruh pada kondisi fisik anak, sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar. 

source: https://www.muslimahnews.com/2018/07/07/revolusi-paradigma-untuk-pendidikan-indonesia/

Jarak sekolah yang jauh dari rumah juga akan membuat anak memiliki kesempatan bermain yang lebih sedikit karena waktu yang terbatas. Selain itu, biaya antar jemput juga akan semakin meningkat dengan semakin jauh sekolah anak dari rumah.

baca juga

Kurikulum yang diterapkan
Jika Moms berencana menyekolahkan anak ke sekolah swasta, pada umumnya mereka menerapkan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

source: https://www.mskhum.com/tips-memilih-sekolah-dasar-sebagai-bekal-masa-depan-anak/

Namun, ada juga beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum yang diadopsi diluar kurikulum pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. Informasi mengenai kurikulum yang diterapkan merupakan hal penting yang harus Moms ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk mendaftarkan anak ke sekolah tersebut.

Track Record Sekolah
Moms dapat melihat prestasi apa saja yang pernah dicapai oleh sekolah tersebut, baik dari sisi akademik maupun non akademik.

Moms juga dapat menilai kualitas lulusannya. Biasanya ini menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang duduk dibangku SD menuju SMP.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan Moms dalam memilih sekolah dasar bagi si kecil. Jangan sampai salah memilih ya, Moms!