Handuk Sumber Bakteri

source: https://www.warwickdailynews.com.au/

Sama seperti pakaian yang sudah dipakai, handuk yang telah digunakan beberapa kali juga dapat menjadi tempat bakteri dan kuman penyakit bersarang. Ditambah lagi dengan tingkat kelembapannya yang dapat membuat handuk menjadi tempat jamur tumbuh subur. Itulah sebabnya Mommy perlu sangat memerhatikan kebersihan dari handuk yang digunakan sehari-hari.

Waktu Mengganti Handuk

source: https://www.newsapi.com.au/

Sebenarnya, waktu mengganti handuk yang direkomendasikan berbeda tergantung pada penggunaan handuk itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi penggantian handuk yang perlu Mommy cermati :

  1. Handuk Sehari-hari : Handuk sehari-hari dapat dicuci dan diganti setiap satu minggu sekali. Tapi, jangan lupa untuk selalu menjemurnya hingga kering setiap kali selesai dipakai.
  2. Handuk Saat Sakit : Saat sakit, setidaknya handuk diganti setiap 2 hari sekali. Hal ini penting agar kuman penyakit tidak kembali menyerang.
  3. Handuk Gym/Berenang : Jika Mommy rutin pergi ke gym atau berenang, pastikan untuk selalu mencuci handuk setiap kali setelah digunakan. Aktivitas olahraga membuat handuk dipenuhi keringat dan bakteri.
baca juga

Menggunakan Handuk Bersama, Bolehkah?

source: https://www.aarp.net/

Beberapa orang tampak lebih santai dengan penggunaan handuk bersama. Padahal, handuk merupakan benda yang sangat personal di mana ada potensi bakteri dan kuman penyakit dari seseorang di dalamnya. Untuk itu, hindari menggunakan handuk secara bersamaan. Mommy dapat mengakalinya dengan memilih handuk dengan warna berbeda untuk tiap anggota keluarga.

Cara Mencuci Handuk

source: https://www.mirashowers.co.uk/

Mengingat handuk adalah benda yang berpotensi mengandung banyak bakteri dan kuman penyakit, pastikan untuk mencuci handuk dengan menggunakan air hangat. Jangan lupa pula untuk menjemurnya dengan paparan sinar matahari langsung untuk memastikan bakteri-bakteri di dalamnya mati.