1. Prediksikan Usia Kehamilan Saat Lebaran

source: https://bp-guide.id/

Hal pertama yang harus Mommy lakukan untuk menentukan baju lebaran yang tepat adalah dengan menghitung usia kehamilan saat hari raya nanti. Tiap usia kandungan memiliki pengaruh yang berbeda terhadap bentuk tubuh ibu.

  • Trimester Pertama

Untuk ibu hamil dengan usia kandungan di trimester pertama, ukuran lingkar perut mungkin belum mengalami perubahan yang signifikan. Namun, mulai perhatikan lingkar lengan dan dada yang biasanya mulai semakin berisi. 

  • Trimester Kedua

Di sisi lain, ibu hamil dengan kehamilan di trimester kedua juga harus mulai mempertimbangkan bagian lingkar perut yang tidak lagi boleh dibuat terlalu ketat atau pas. Ini penting untuk memastikan kenyamanan saat beraktivitas.

  • Trimester Ketiga

Nah, kalau ibu hamil besar lebih disarankan untuk menyesuaikan pakaian dengan perut yang sudah membesar. 

2. Perhatikan Detail Ukuran 

source: https://www.pinterest.com/

Setelah mengetahui usia kehamilan saat hari raya nanti, sesuaikan ukuran pakaian agar tetap nyaman dipakai nantinya. Beberapa detail ukuran yang harus Mommy perhatikan adalah lingkar perut, lingkar dada, lingkar panggul, dan lingkar lengan. Jika Mommy ingin mengenakan celana, pastikan juga celana yang dipakai nyaman untuk dipakai seharian.

baca juga

3. Pilih Bahan Yang Ringan Dan Menyerap Keringat 

source: https://www.pinterest.com/

Jangan pernah sepelekan bahan pakaian yang akan digunakan saat lebaran nanti. Baju lebaran biasanya akan digunakan seharian saat bersilaturahim ke rumah sanak saudara. Untuk itu, jangan sampai Mommy merasa tidak nyaman karena bahannya yang terlalu panas dan tebal. Ingat, ibu hamil cenderung lebih mudah merasa kegerahan.

4. Rekomendasi Model Baju Lebaran Ibu Hamil

source: https://www.pinterest.com/

Jika Mommy masih belum memiliki bayangan tentang baju lebaran yang nyaman untuk dipakai saat hari raya nanti, berikut ini adalah beberapa rekomendasi model baju lebaran yang pas dikenakan ibu hamil.

  • Batwing Dress
  • Loose Tunic dan Cullotes
  • Loose Dress
  • Abaya
baca juga

Tips Baju Lebaran Ibu Hamil Agar Terlihat Langsing

source: https://www.pinterest.com/

Terakhir, untuk Mommy yang ingin tampil lebih langsing saat hamil, cobalah untuk memilih pakaian dengan warna-warna gelap. Hindari pakaian dengan warna terang dan bermotif besar yang akan membuat tubuh Mommy terkesan lebih berisi. Mommy juga bisa mencari pakaian dengan model garis-garis vertikal untuk memberi kesan tubuh yang lebih langsing dan tinggi.