Pentingnya Menjaga Kebersihan Bayi

source: https://www.sharecare.com/

Bagi para orangtua baru, memiliki anak adalah anugerah terindah yang menciptakan rasa ingin mengayomi dan melindungi. Tidak heran jika hal buruk terjadi pada si kecil, orangtua akan berada di barisan pertama untuk mengatasinya. Salah satunya adalah mencegah anak dari paparan kuman dan bakteri yang bisa menginfeksinya. 

Tentu ini bukan hal yang buruk. Pasalnya, menjaga kebersihan sangatlah penting untuk mencegah penyakit-penyakit serius yang dapat menyerang anak. Apalagi megingat bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rentan sehingga mudah terinfeksi penyakit. Itulah sebabnya, penting bagi para orangtua untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kebersihan bayi.

Menjaga Anak dari Sentuhan Orang Lain

source: http://www.shedoesthecity.com/

Namun, belakangan ini para orangtua banyak mengeluarkan opininya tentang kekhawatiran mereka saat si kecil disentuh oleh orang lain. Mereka menganggap bahwa kebanyakan orang asing tidak cukup bersih untuk bisa menyentuh, mengusap, atau sekedar mengelus buah hatinya. Pada dasarnya, ini kembali kepada para orangtua. Ini juga merupakan hak mereka untuk menjaga sang buah hati dengan cara yang mereka pilih.

Namun, apakah benar menjaga anak dengan super bersih dapat melindunginya dari berbagai penyakit?

baca juga

Eksim Atopik Karena Terlalu Bersih

source: https://atopis.com/

Kasus Eksim Atopik pada anak-anak memang kerap terjadi pada bayi yang sistem pertahanan tubuhnya masih belum sempurna. Tidak heran jika orangtua yang memiliki anak dengan kondisi ini akan menjadi lebih protektif dalam menjaga si kecil. Namun siapa sangka, ternyata hal ini dapat terjadi akibat terlalu berlebihan dalam menjaga bayi dari paparan kuman. 

Bahaya Terlalu Bersih Pada Anak

source: https://themomsmeeting.com/

Sebuah penelitian mengungkap bahwa hidup yang terlalu bersih berpotensi menyebabkan kanker darah (Leukemia) pada anak. Prof. Mel Greaves dari Institute of Cancer London mengatakan bahwa salah satu penyebab meningkatnya kasus leukemia pada anak adalah lingkungan yang semakin bersih. Pasalnya ada banyak bakteri dan kuman tidak berbahaya yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat dan sempurna.

Dengan kata lain, menjaga anak agar tetap bersih adalah sebuah keharusan. Namun, ingatlah batasan agar tidak terlalu protektif mengenai kebersihan itu sendiri. Biarkan si kecil dan tubuhnya mengeksplorasi dunia serta lingkungannya. Bukankah berani kotor itu baik?