Bagi masyarakat Indonesia mengonsumsi sayuran mentah bukanlah hal yang asing, terutama bagi suku Sunda. Di Indonesia sayuran mentah biasa dijadikan lalapan, yaitu pendamping ketika menikmati nasi, sambal, dan lauk pauk. memakan lalapan sebagai pendamping makanan tentu baik dilakukan, karena selain menyegarkan lalapan juga akan menambah nilai gizi berupa serat untuk melengkapi nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Sayuran yang Berbahaya Dikonsumsi Mentah

Pemasakan sayuran yang terlalu berlebihan berisiko menghilangkan kandungan gizi di dalamnya, oleh sebab itu moms memperhatikan durasi dan suhu pemasakan jika ingin mengolah sayur. Meskipun begitu bukan berarti memakan sayuran mentah menjadi lebih sehat loh moms, faktanya terdapat beberapa jenis sayur yang justru berbahaya ketika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

baca juga

Brokoli

Brokoli termasuk dalam kategori sayuran cruciferous, sayuran jenis ini jika dimakan dalam keadaan mentah dapat menyebabkan masalah pencernaan. Justru dengan memasak terlebih dulu sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kubis akan membantu melepaskan senyawa indole, yaitu senyawa organik yang dapat melawan sel-sel prakanker. 

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang biasa digunakan sebagai campuran makanan seperti kacang merah dan kacang polong sebaiknya direndam air dan direbus dulu sebelum dikonsumsi. Jika tidak, maka makanan ini berpotensi mengakibatkan tubuh terkena haemagglutinin, yaitu sejenis racun yang dapat menyebabkan muntah dan diare.

baca juga

Jamur

Konsumsi jamur dalam keadaan mentah sangat tidak dianjurkan. Jamur mengandung bakteri  camplylobacter jenuni yang dapat mengakibatkan mual, diare, atau kram perut. Jamur yang didapat dari area yang tidak sehat seperti area industri juga berisiko mengandung arsenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Spora yang dihasilkan oleh beberapa jamur juga dapat menyebabkan reaksi alergi ekstrim yang mengakibatkan terjadinya infeksi pernapasan. Oleh sebab itu sebelum mengonsumsi jamur harus dipastikan untuk memperolehnya dari lingkungan sehat, membersihkannya dengan benar, dan mengolahnya dengan baik serta matang. 

Kentang

Kentang mengandung senyawa solanin yang tidak baik bagi tubuh. Adanya rona hijau pada kentang dapat menjadi indikator yang menunjukkan tingginya senyawa solanin pada kentang. Selain itu, kandungan pati yang tinggi juga membuat kentang sulit dicerna dalam keadaan mentah. Jadi sebaiknya sebelum konsumsi kentang pastikan dulu untuk mencucinya dengan bersih dan memasaknya hingga matang sempurna.