Berikan Pijatan Ringan Sebelum Tidur

Cara menidurkan bayi tanpa digendong yang pertama adalah dengan cara memberi pijatan lembut pada si kecil sebelum dia tidur. Pijatan akan membuat bayi rileks. Coba pijat pada bagian kaki, lengan, dan perut selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan baby oil. Namun, jika bayi rewel hentikan pijatan ya, Moms.

source: https://www.youtube.com/

Atur Suhu dan Pencahayaan Kamar

Bayi tidak bisa tidur jika ruang tidurnya terasa terlalu dingin atau terlalu panas. Jadi, agar bayi Moms bisa cepat tidur tanpa digendong, Moms harus mengatur suhu ruang kamar tidurnya. Suhu kamar ideal untuk bayi adalah 21-22 dejarat Celcius. Jika bayi berkeringat, lebih baik Moms mengganti lapisan kain. Hindari juga membedong bayi ya, Moms. Namun jika bayi kedinginan, tambahkan selimut untuk membuat lebih hangat. Jangan lupa  membuat cahaya kamar dalam keadaan redup, ya.

source: https://parenting.orami.co.id/
baca juga

Beri Sentuhan, Bukan Digendong

Ketika bayi sudah terlihat mengantuk, usap punggung bayi perlahan dan lembut. Usapan pada punggung bayi akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman. Karena itu bayi akan cepat tidur. Selain punggung, Moms juga bisa mengusap kening bayi.

source: https://health.uzone.id/

Pisahkan Kegiatan Menyusu dan Tidur

Moms, jangan membiasakan bayi menyusu sambil tidur, ya. Pisahkan antara menyusu dan tidur. Jika bayi menangis karena mengantuk, lebih gendong si kecil daripada memberi susu, hal ini akan membuat bayi tidak terbiasa menyusu untuk tidur.

source: https://www.kaskus.co.id/
baca juga

Ciptakan Suara Stabil

Menciptakan suara yang stabil sangat penting, Moms. Contohnya suara kipas angin. Hal ini bisa membuat bayi lebih rileks. Karena suara yang stabil dapat mencegah suara lain yang mengejutkan si bayi dan bisa membangunkannya.

source: https://www.haibunda.com/

Nah, itu tadi Moms 5 cara menidurkan bayi tanpa digendong. Semoga bermanfaat ya, Moms.