Siapa yang tidak kenal mie ayam? Makanan ini disajikan dari mulai di pusat-pusat keramaian hingga mangkal di pinggir jalan. Mie yang terbuat dari mie kuning yang direbus kemudian ditaburi saos dan kecap khusus beserta suiran daging ayam dan sawi serta daun bawang ini menjadi makanan yang banyak difavoritkan. Selain karena rasanya yang enak, mie ayam juga sangat mudah didapat karena menjadi salah satu makanan kaki lima yang banyak diperdagangkan secara berkeliling.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam

Karena rasanya yang lezat tak jarang mie ayam menjadi salah satu makanan yang begitu diinginkan oleh ibu hamil. Tapi karena mie ayam mengandung banyak mie, MSG, dan sedikit sekali sayur serta kebanyakan diperdagangkan di gerobak kaki lima, maka banyak ibu hamil yang merasa khawatir saat ingin mengonsumsi makanan ini. Ibu hamil sebenarnya diperbolehkan mengonsumsi mie ayam, asalkan memperhatikan kebersihan dan kualitas dari mie ayam, serta memperhatikan porsi dan seberapa sering memakan makanan ini. 

baca juga

Kandungan Gizi Mie Ayam

Dalam semangkuk mie ayam terdapat 421 kalori, 18,79 gr lemak, 46,21 karbohidrat, 16,7 gr protein, 36 mg sodium, dan 143 mg kalsium. Angka tersebut tentu tidak akan cukup jika dijadikan satu-satunya asupan nutrisi pada ibu hamil. Jadi sebaiknya, ibu hamil yang sangat gemar mengonsumsi mie ayam juga tetap memenuhi asupan nutrisi dari sumber lain seperti sayur dan buah-buahan.

Tips Konsumsi Mie Ayam untuk Ibu Hamil

Melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa konsumsi mie ayam sebenarnya kurang baik bagi ibu hamil karena kurang memenuhi nilai gizi, nutrisi serta dapat menimbulkan kenaikan berat badan berlebih. Tapi bagi moms yang tidak bisa lepas dari makanan satu ini, bisa mencoba beberapa tips berikut agar konsumsi mie ayam menjadi lebih aman.

baca juga

Buat Sendiri di Rumah

Daripada membeli mie ayam dari abang keliling yang moms tidak tahu kesegaran bahan baku serta bumbu yang ditambahkan, lebih baik membuat mie ayam sendiri di rumah. Saat ini sudah tersedia banyak sekali resep mie ayam rumahan yang bisa moms coba. Selain higienitas mie ayam lebih terjaga, mie ayam buatan sendiri juga dapat dimodifikasi agar lebih sehat seperti dengan memilih mie kuning tanpa pengawet dan gluten free serta menambah jumlah sayuran hijau di dalamnya. 

Tidak Menggunakan MSG dan Saos Berlebihan

Rasa gurih dari mie ayam abang keliling atau yang dijual di pinggir jalan berasal dari banyaknya MSG dan saus yang diberikan. Jika moms tidak sempat untuk membuat mie ayam sendiri dan harus membelinya, maka mintalah abang mie ayam untuk memberi sedikit saja MSG dan jangan menambahkan terlalu banyak saos. Selain MSG saos pada mie ayam juga kurang baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung pewarna dan pengawet.

Lengkapi dengan Sayuran

Jika biasanya mie ayam hanya disajikan dengan sedikit sawi dan taburan daun bawang, moms yang sedang hamil dan ingin konsumsi mie bisa meminta kepada abang mie ayam untuk menambahkan porsi sayur yang diberikan. Jika Mie ayam dibuat sendiri di rumah, maka akan lebih mudah karena moms bisa menambahkan beragam sayuran lain selain sawi ke dalam mie ayam. 

Batasi Porsi Makan

Meskipun sudah bisa membuat sendiri mie ayam di rumah, sudah mengurangi penggunaan MSG dan saos, serta sudah menambahkan lebih banyak sayuran, konsumsi mie ayam secara berlebihan tetap tidak baik. Moms harus tetap membatasi porsi makan mie ayam karena kandungan mie ayam yang didominasi oleh lemak, kalori, dan karbohidrat tetap bisa memicu kenaikan berat badan berlebih yang pada akhirnya akan membahayakan ibu hamil dan janin.