Memasuki usia 6 bulan, moms pun mulai menyiapkan MPASI untuk bayi, moms. Tapi terkadang bayi masih beradaptasi dengan makanan yang baru pertama kali dimakannya, sehingga kadang pula bayi mengalami ketikdakcocokkan pada makanan atau alergi. Alergi pada makanan umum terjadi pada bayi, meskipun makanan yang moms berikan mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh, contohnya saja wortel. Jangan salah, alergi wortel pada bayi bisa terjadi lho, moms. Tidak semua bayi cocok dengan makanan yang mengandung vitamin A dan sering dijadikan MPASI.

Di bawah ini beberapa faktor alergi wortel pada bayi beserta gejalanya yang patut moms waspadai.

Faktor Genetik

Faktor genetik menjadi salah satu faktor anak moms bisa terkena alergi wortel. Faktor genetik ini menurun dari moms atau suami yang memiliki riwayat alergi wortel, sehingga buah hati pun rentan mengalami alergi wortel. Meskipun faktor genetik tidak 100% menjadi faktor anak terkena alergi wortel, moms tetap harus waspada dan mengenali gejala-gejalanya, ya.

baca juga

Gejala Alergi Wortel

Saat bayi mengalami alergi wortel, moms harus seger periksakan bayi ke dokter, ya. Namun, sebelum itu, moms harus kenali gejala-gejala bayi terkena alergi wortel. Ruam atau kemerahan serta gatal-gatal pada kulit merupakan tanda umum seseorang mengalami alergi. Moms perlu mewaspadai jika mulai muncul tanda seperti ini pada bayi. Bayi pun terlihat tidak nyaman atau rewel.

Moms juga harus memeriksa bagian matanya. Mata bayi yang terkena alergi wortel berubah menjadi merah, dan bayi merasakan gatal di area mata hingga mata berair. Selain mata yang berair, hidung pun juga mulai berair.

Selain itu, bagian gusi, wajah, lidah, bibir membengkak. Parahnya lagi, alergi wortel ini bisa membuat bayi muntah, diare, dan kembung. Jika sudah terlihat gejala-gejala tersebut, moms harus segera memeriksakan bayi ke dokter, karena alergi wortel pun bisa mengganggu tenggorokan bahkan saluran pernapasan.

Tips Mengolah Wortel untuk MPASI

Faktor genetik bukanlah menjadi satu-satunya faktor bayi terkena alergi wortel. Terlebih jika orangtua tidak ada yang memiliki riwayat alergi wortel, namun bayi bisa terkena alergi. Hal tersebut mungkin karena moms salah dalam mengolah wortel untuk MPASI.

Kebersihan wortel menjadi hal penting sebelum moms mengolahnya menjadi MPASI. Pastikan moms mencuci wortel hingga bersih, dan mengupasnya hingga bersih. Sebelum dimasak dalam air mendidih, potong kecil-kecil wortel. Jangan berikan bayi MPASI wortel yang sudah disimpan terlalu lama ya, moms.