Saat buka puasa memang paling enak menyantap sajian yang segar-segar seperti es buah ya moms. Es buah pun seperti sudah menjadi menu wajib untuk melepas dahaga ketika seharian penuh menjalankan puasa. Sensasi dingin dan rasa manis dari air dan buah-buahan sungguh nikmat sekali ya, moms. Tapi apa moms tidak bosan hampir setiap berbuka puasa dengan es buah? Di bawah ini menu buka puasa selain es buah yang bisa moms coba sajikan di rumah.

Es Pisang Hijau

Es pisang hijau kini sudah banyak yang jual, moms. Tapi moms juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Berbeda dengan es buah yang terdapat beragam jenis buah, es pisang hijau hanya menggunakan bahan utama yaitu buah pisang. Menu buka puasa ini merupakan makanan asal Sulawesi yang sukses memanjakan lidah. Kesegaran dan rasa manis dari air serta buah pisangnya yang bikin tenggorokkan segar dan perut terisi cukup terisi. 

baca juga

Es Kacang Merah

Kelezatan es kacang merah menjadi pilihan yang tepat untuk menu berbuka. Kacang merah, parutan es, dan sirup merupakan perpaduan yang tepat. Terlebih kacang merah memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti protein, folat, karbohidrat kompleks, dan masih banyak lagi. Yakin nggak mau mencoba es kacang merah untuk menu buka puasa, moms?

Es Goyobod

Moms mungkin masih asing dengan es goyobod. Es goyobod ini merupakan es asal Sunda yang namanya diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti ‘basah’.  Es goyobod wajib menjadi menu buka puasa moms, karena es ini memiliki rasa yang unik dengan mencampurkan beberapa bahan di antaranya ada roti tawar, pacar cina, tape singkong, aci, dan daging buah kelapa yang sudah diserut. Tidak lupa juga diguyur dengan gurihnya air santan, dan dicampur dengan manisnya susu.

baca juga

Es Cincau

Es cincau bagus sekali dikonsumsi saat buka puasa. Selain bagus untuk menghilangkan dehidrasi, cincau juga baik untuk menyegarkan tenggorokkan dan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Es cincau pun mudah di temui di pinggir jalan. Moms pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cincau hijau biasanya disajikan dengan parutan es / es serut, lalu di atasnya ditaburi dengan kentalnya gula aren.

Es Cendol dan Dawet

Es cendol merupakan minuman yang berasal dari Bandung, sementara dawet berasal dari Banjarnegara. Minuman tradisional satu ini memiliki kesamaan meski berasal dari tempat yang berbeda, dan bisa moms sajikan saat berbuka puasa nanti. Kesegaran dari es yang diparut dan taburan air kental dari gula aren pas banget untuk berbuka. Terlebih saat buka puasa, berbuka dengan yang manis menjadi sesuatu yang diharuskan ya moms.

Es Bubble Tea

Es bubble tea juga bisa lho moms jadi sajian buka puasa dikala moms bosan buka dengan es buah. Berbeda dengan es lainnya yang dicampur dengan buah-buahan, bubble tea lebih mirip seperti pop ice yang sudah diblender kemudian ditambahkan dengan bubble. Rasa dari bubble tea pun beragam, ada milktea, orange, green tea, dan masih banyak lagi. Bubble atau pearl yang berbentuk bola berwarna hitamnya pun terbuat dari tepung tapioka dan gula merah.