Popok Bayi Sekali Pakai

Seiring berjalannya peradaban, mobilisasi manusia menjadi semakin ringan dibandingkan dengan sebelumnya. Sebagaimana perkembangan popok sekali pakai yang terkesan sangat membantu para mommies yang memiliki bayi baru. Banyak sekali merk-merk popok bayi sekali pakai yang marak hingga sekarang. Tentunya masing-masing memiliki keunggulannya sendiri,  sehingga menjadikan moms bingung dalam menentukan pilihan. 

Namun perlu diketahui juga moms, setiap pilihan pasti terdapat kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan pemilihan popok pada bayi. Tentu terdapat perbedaan antara popok sekali pakai dengan popok yang dicuci. 

Kelebihan Popok Bayi Sekali Pakai

Popok sekali pakai belakangan ini sangatlah menjadi pilihan para orang tua. Hal ini disebabkan karena adanya popok sekali pakai dapat membantu meringankan beban mommies di rumah. Selain lebih praktis tidak repot mencuci dan menjemurnya. Berbeda dengn popok kain yang notabenenya masih perlu membersihkan pasca digunakan. 

Motif dan modelnya pun beragam sesuai dengan kebutuhan. Bahannya pun dapat meresap sehingga meminimalisir bayi terkena alergi pada kulit bayi. 

baca juga

Kekurangan Popok Bayi Sekali Pakai

Setelah mengetahui kelebihannya, moms juga perlu mengetahui kekurangan popok bayi sekali pakai ini. Adapun yang sangat signifkan adalah mengenai harga popok sekali pakai. Tentunya jika moms memilih popok sekali pakai untuk byi kamu,  moms perlu menyisihkan lebih banyak uang jatah si kecil.  Terlebih untuk membeli popok sekali pakai. Karena harganya jika dikalkulasikan dapat melonjak besar. Oleh sebab itu, pilihlah popok yang berkualitas tentu dengan harga yang bersahabat ya moms. 

Tips Memilih Popok Bayi

Moms, berikut beberapa tips memilih popok sekali pakai yang baik untuk si kecil menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Simak baik-baik ya moms

  • Pilih popok yang berpori. Adapun manfaat popok yang lapisan dalamnya berpori, untuk mengurangi gesekan kulit. Ini juga membantu sirkulasi udara lebih baik, sehingga kulit bayi tidak lembap hingga bisa mengakibatkan ruam popok.
  • Menyerap dengan baik. Moms harus memilih popok sekali pakai yang lapisan intinya terbuat dari AGM. Apa itu AGM? ini adalah absorbent gelling material atau dikenal juga sebagai superabsorbent, yang terbuat dari sodium poliakrilat. Menurut IDAI, AGM memiliki keunggulan dapat memisahkan cairan urine dari feses dengan cepat, menahan cairan di matriksnya, dan menjaga kestabilan pH.
  • Pilihlah ukuran popok yang sesuai dengan berat badan bayi. Popok yang beragam membuat kita bingung dengan pilihan yang akan dibeli. Namun hal yersebut jangan membuat moms lupa ukuran dan berat badannya juga mempengaruhi kenyamanan.  Nah moms, pilihlah popok bayi yang sesuai dengan berat badan tubuhnya.  Karena ukuran popok dapat disesuaikan dengan berat badan bayi bukan sesuai usianya ya moms.