Tradisi Ramadhan di Malaysia

Berikut ini merupakan tradisi Ramadhan di Malaysia, apakah sama dengan di Indonesia? Yuk simak Moms!

Pasar Ramadhan

Pasar Ramadhan di Malaysia atau dikenal dengan weekly night market merupakan pasar yang hanya ada satu tahun sekali yaitu di Bulan Ramadhan. Pasar ini menyediakan aneka ragam makanan khas Malaysia dan komunitas China dan India yang ada di Kuala Lumpur. Weekly night market pada waktu malam hari menjajakan beragam jenis kuliner dan pada siang hari terdapat beragam kebutuhan masyarakat Malaysia untuk Hari Raya Idul Fitri. Ternyata, tak hanya masyarakat Malaysia yang berkunjung ke Pasar Ramadhan ini, melainkan banyak turis yang sengaja berkunjung ke Malaysia untuk menikmati megahnya festival weekly night market.

source: http://4.bp.blogspot.com/-rc6eFJeSw9I/VZ3_RF_WruI/AAAAAAAAA0Q/_zAsJbk3Anc/s1600/malaysia%2Bbazaar11.jpg
baca juga

Bubur Lambuk

Bubur lambuk merupakan salah satu menu berbuka puasa favorit di Malaysia. Awalnya, menu bubur lambuk ini disajikan oleh orang-orang kaya untuk dibagikan kepada fakir miskin dan aktivitas memasaknya dilakukan di pelataran masjid. Tradisi tersebut masih berlanjut sampai sekarang hingga menjadikan bubur lambuk menjadi hidangan wajib yang ada di masjid setiap berbuka puasa. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah membuat bubur ini selalu jadi menu favorit untuk berbuka puasa.

source: https://historical-atd-my.s3.amazonaws.com/i/20160613-9396aa4050ff0cf225ef7_resized_637x350.jpg

Moreh

Moreh di Malaysia kerupakan kegiatan jamuan makan setelah selesai sholat tarawih berjamaah di masjid. Seusai sholat tarawih, seluruh jamaah akan berkumpul di pelataran untuk menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan oleh para sukarelawan. Moreh ini juga menjadi salah satu media jamaah masjid untuk berkumpul dan bersilaturahmi.

source: https://pbs.twimg.com/media/DCnPiaJVwAAFlTs.jpg
baca juga

Rumah Hias

Sejumlah masyarakat menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan dengan cara yang unik dan menarik, yaitu menghias rumah dengan tema Ramadhan. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Malaysia dengan antusias untuk menyambut bulan yang mulia ini. Rumah hias ini tak kalah menarik lho dari tradisi-tadisi lainnya di Malaysia!

source: https://img-s-msn-com.akamaized.net/tenant/amp/entityid/AAAYAVE.img?h=416&w=624&m=6&q=60&o=f&l=f

Demikian beberapa tradisi yang unik saat Ramadhan di Malaysia. Menarik kan Moms?