Manfaat madu saat berbuka puasa, salah satunya sebagai sumber energi dan stamina. Berdasar riset National Institute of Health, minum madu saat sahur sebanyak satu sendok makan setara dengan asupan 17 gram karbohidrat, yang artinya tubuh akan mendapatkan 64 kalori dan 17 gram gula alami yang memberi energi.

Madu juga tersusun atas berbagai senyawa kompleks yang tidak mudah dicerna. Sehingga, mengonsumsi madu baik dapat memberikan energi dan stamina lebih lama untuk beraktifitas sepanjang hari bahkan saat puasa. Sebagai sumber stamina madu juga baik untuk diet karena madu yang dicairkan dengan air hangat untuk membakar lemak yang masuk ke dalam tubuh dan menjadikannya sumber energi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mengatasi Flu

Kurang tidur atau jarang olahraga di bulan puasa dapat menurunkan kekebalan tubuh dan memicu berbagai penyakit seperti radang tenggorokan, flu, batuk serta demam. Karenanya saat baik bagi Moms untuk konsumsi madu. Secara alamiah, madu mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine, yaitu zat yang akan mengurangi gejala alergi, mengatasi flu dan menekan batuk.

Selain itu, senyawa ini juga bermanfaat dalam memperbaiki kualitas tidur. Secara umum, madu dikenal memiliki efek detoksifikasi yang secara sempurna dapat membuang racun yang ada di organ tubuh. Sehingga, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat badan makin bugar. 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Selain makan makanan berserat, mengonsumsi larutan madu dengan air hangat saat berbuka secara teratur juga dapat membantu mempermudah penyerapan nutrisi dalam makanan. Sehingga, akan menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme menjadi semakin lancar.

Selain itu, pergerakan usus dalam tubuh akan menjadi lebih baik bila Moms rajin mengkonsumsi madu. Dampaknya jika pergerakan usus halus hingga ke usus besar berlangsung dengan baik, maka masalah sembelit pun dipastikan tidak akan terjadi Moms.

Menurunkan Kadar Trigliserida

Masalah kesehatan yang biasa muncul setelah sebulan berpuasa adalah tingginya kadar trigliserida. Trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang biasa ditemukan dalam darah dan dapat memicu penebalan pembuluh darah. Hal tersebut dipicu oleh makanan tinggi kalori dan lemak seperti gorengan yang biasa disantap saat berbuka.

Untuk mengatasinya cukup dengan konsumsi madu. Madu mampu menurunkan kadar trigliserida sehingga menghindarkan Moms dari masalah kesehatan seperti kanker dan stroke. Cara terbaik untuk mengkonsumsi madu saat berbuka adalah dengan melarutkannulya pada air hangat dan diminum selagi perut dalam kondisi kosong.

Menjaga kesehatan badan dikala hulan puasa memang sangatlah penting. Madu terkenal akan jutaan khasiat mampu menjadi "benteng pertahanan" tubuh saat berpuasa.  Maka dari itu Moms yuk konsumsi madu saat berbuka puasa!