Konsumsi jamu telah menjadi kebiasaan yang diwariskan secara turun temurun, dan salam satu jamu yang diyakini memiliki beragam manfaat untuk wanita adalah kunyit asam. Seperti namanya, kunyit asam adalah ramuan jamu yang berbahan parutan kunyit, asam jawa, gula aren, dan air. Jamu ini memiliki warna kekuningan yang berasal dari kunyit, rasanya segar sehingga sangat cocok untuk diminum dalam keadaan dingin menggunakan es batu.

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan

Kunyit asam kaya akan kandungan kurkumin dari kunyit yang mampu mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu kunyit asam juga mengandung tannin, alkaloid, saponin, sesquiterpenes, dan phobotamin yang akan bereaksi pada asam dan memengaruhi sistem syaraf. Sehingga konsumsi kunyit asam dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti mengatasi masalah bau badan, berfungsi sebagai antioksidan, mengatasi infeksi, mengendalikan gula darah, menghambat penyakit alzheimer, serta mengobati anemia. 

baca juga

Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita

Bagi wanita, kunyit asam adalah jamu istimewa karena memiliki manfaat untuk kesehatan reproduksi dan kecantikan. Kunyit asam mampu untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan memperlancar siklusnya. Kunyit asam juga dapat melangsingkan tubuh dengan cara membakar lemak dan mengeluarkannya bersama sistem pencernaan, membuat kulit lebih cerah berkat kandungan vitamin C, serta mencegah penuaan dini berkat perannya sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. 

Efek samping Kunyit Asam untuk Ibu Hamil

Meskipun memiliki beragam manfaat khusus untuk wanita, tapi ternyata konsumsi kunyit asam juga memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil, berlebihan dalam konsumsi kunyit asam dapat menimbulkan risiko seperti rahim mengering, hal tersebut disebabkan kandungan serat halus dalam kunyit, rahim kering dapat mengakibatkan pertumbuhan janin tidak sempurna.

Risiko keguguran juga mungkin dialami bagi ibu hamil yang mengonsumsi kunyit asam, hal tersebut karena kunyit dapat merangsang rahim untuk memicu terjadinya pendarahan. Selain itu konsumsi kunyit asam juga dapat menurunkan nafsu makan yang berpengaruh pada asupan nutrisi dari ibu ke janin, serta meningkatkan risiko asma pada bayi disebabkan oleh keruhnya air ketuban akibat kandungan serat halus dari kunyit.

baca juga

Aturan Konsumsi Kunyit Asam untuk Ibu Hamil

Jika moms sangat ngidam untuk minum kunyit asam selama masa kehamilan sebenarnya diperbolehkan, asal masih dalam dosis yang aman dan tidak tidak terlalu sering. Maksimal ibu hamil mengonsumsi tidak lebih dari 500 mg kunyit perharinya. Karena kunyit umum digunakan dalam bumbu masakan Indonesia, jadi secara tidak langsung setiap hari moms sudah mengonsumsi kunyit, jika ditambah dengan konsumsi jamu kunyit asam yang konsentrasi atau jumlah takaran kunyitnya lebih tinggi maka dikhawatirkan akan membahayakan kehamilan dan janin jika jamu kunyit asam ini dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil.