Manfaat yang Moms dapat dari daun kelor tak lepas dari kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisi daun kelor seperti potasium 3 kali lipat lebih besar dari pisang, bahkan kalsium juga lebih banyak daripada susu. Selain itu ternyata, vitamin C jeruk lebih rendah dibandingakn pada daun kelor jeruk. Vitamin A pada daun kelor juga 4 kali lipat lebih banyak dari pada wortel lho Moms makanya wajar rasanya jika mengkonsumsibteh daun kelor tubuh bisa semakin sehat.

Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Dari daun yang di konsumsi secara sederhana, sekarang daun kelor mulai diproduksi sebagai teh. Bahkan, hasil riset Journal of National Cancer l Institute pada tahun 1994 menunjukkan bahwa minum teh kelor mengurangi 60% risiko kanker esofagus pada laki-laki dan perempuan di Cina lho.
 
Manfaat teh daun kelor yang lain yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan rasio kolesterol baik. Rahasia manfaat daun kelor ada pada kandungan polifenol catechinnya, terutama epigallocatechin gallate (EGCG) yaitu anti oksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Poinnya, dengan minum teh daun kelor dapat membantu beberapa kondisi medis seperti kanker, rheumatoid arthritis, kadar kolesterol tinggi, penyakit cardiovascular, infeksi, gangguan fungsi kekebalan tubuh serta meningkatkan imun tubuh.
 

Manfaat Teh Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Manfaat teh daun kelor untuk ibu menyusui erat kaitannya dengan kualitas dan produksi asi. Sebab jumlah asi yang sedikit akan menjadi masalah yang sering muncul bagi Moms yang menyusui. Untuk solusinya cukup dengan mengkonsumsi daun kelor, sebab kandugan flavonoid yang dapat membantu membuat produksi asi Moms menjadi berlimpah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa teh daun kelor untuk meningkatkan kualitas asi sangatlah tepat. Sebab memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandungkan bayam, jeruk, pisang bahkan susu. Berbagai kandungan berlimpah tersebut dapat dikonsusmsi sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas asi agar bayi gemuk.
 

baca juga

Aturan Konsumsi Teh Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Berdasarkan penelitian C. Gopelan, yang dilakukan di National Institute of Nutrition di Hyberabad, India, bahwa nutrisi kelor akan semakin tinggi apabila daun kelor dikeringkan dan dibubukkan. Jadi mengkonsumsi daun kelor bentuk teh memang lebih baik. Namun aturan konsumsi teh daun kelor untuk ibu menyusui harus diperhatikan. Moms sebaiknya minum teh daun kelor di pagi agar khasiat mudah diserap tubuh.

Mengolah daun kelor menjadi teh memang membuat Moms lebih praktis dalam menikmati khasiat. Jika dibanding hanya dibuat sayur, yang akan membuatnya cepat basi dan terbuang. Jadi, yuk konsumsi teh daun kelor untuk lancarkan asi.