Cerebral Palsy Adalah

Cerebral palsy atau biasa dikenal dengan lumpuh otak merupakan penyakit yang mengganggu koordinasi dan gerakan pada tubuh. Kondisi ini umumnya dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan. Namun, bisa juga terjadi saat proses persalinan, atau bahkan setelah dua tahun bayi terlahir ke dunia.

source: http://www.shieldhealthcare.com/community/wp-content/uploads/2015/12/Five-Ways-to-Build-Social-Skills-in-Children-with-Cerebral-Palsy.jpg

Penyebab Cerebral Palsy

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari gangguan pada syaraf otak ini. Namun terdapat beberapa hal yang dapat memicu terjadinya cerebral palsy antara lain infeksi yang dialami ibu saat hamil seperti cacar air, rubella, sifilis, dan lain-lain, perubahan gen, stroke janin, perbedaan rhesus antara ibu dan bayi, bayi kembar dua atau lebih, berat badan bayi yang rendah saat lahir, persalinan prematur, persalinan sungsang, radang pada otak, dan lain-lain.

source: https://www.drgreene.com/wp-content/uploads/Cererbral-Palsy.jpg
baca juga

Gejala Cerebral Palsy

Gejala-gejala yang muncul pada anak yang terserang cerebral palsy antara lain kecenderungan menggunakan hanya satu sisi tubuh, keterlambatan kemampuan bergerak, gaya berjalan yang tidak normal, tremor, kurang merespon terhadap sentuhan, masih mengompol walaupun usianya sudah besar, kejang, gangguan berbicara, dan lain-lain.

source: https://www.cdc.gov/features/cerebral-palsy-11-things/cerebral-palsy-11-things_1024px.jpg

Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Cerebral Palsy

Komplikasi penyakit yang dapat terjadi pada penderita cerebral palsy antara lain kekurangan nutrisi akibat kesulitan mencerna makanan dalam mulut, stres dan depresi, osteopenia, penyakit paru-paru, gangguan penglihatan, dan lain-lain. 

source: https://www.scarymommy.com/wp-content/uploads/2017/07/cerebral-palsy-a-day-in-the-life.jpg?fit=700%2C394
baca juga

Pengobatan Cerebral Palsy

Terdapat beberapa cara pengobatan yang dilakukan pada penderita cerebral palsy, walaupun sampai saat ini belum ada metode yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penderita dalam beraktivitas sehari-hari secara mandiri. Salah satu cara pengobatannya yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan dan melakukan terapi. Cara operasi dapat dilakukan apabila kaku otot mengakibatkan kelainan pada tulang.

source: https://c.tadst.com/gfx/750x500/world-cerebral-palsy-day.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai penyakit cerebral palsy. Semoga bermanfaat Moms!