Bayi pada umumnya mengonsumsi makanan yang memiliki tesktur halus atau lunak. Tetapi apakah bolehkah bayi makan nasi? Memberikan makanan pada anak tentu harus disesuaikan dengan usianya, moms. Meski nasi bukanlah jenis makanan yang keras, moms juga jangan sembarangan memberikan nasi pada anak, ya. Di bawah ini moms bisa melihat dampak buruk memberikan bayi nasi sebelum waktunya.

Gangguan Pencernaan

Usus yang menjadi salah satu organ tubuh penting memiliki fungsi menyeleksi jenis makanan yang bisa membahayakan kesehatan. Jika moms memberikan nasi pada bayi di usia yang tidak tepat, usus akan menolak atau memberikan reaksi buruk sehingga bayi bisa mengalami gangguan pencernaan atau gangguan terhadap usus. Hal tersebut bisa terjadi tidak hanya ketika memberikan nasi pada anak, tetapi berbagai jenis makanan yang tidak sesuai dengan sistem pencernaan bayi.

baca juga

Risiko Tersedak

Meski nasi bukan jenis makanan keras, nasi termasuk ke dalam jenis makanan padat, sehingga saat dikonsumsi bayi akan tersedak. Bayi pun bisa tersedak saat mengonsumsi ASI, apalagi jika moms berikan nasi. Risiko tersedak bisa terjadi karena refleks mengunyah sang buah hati belum sepenuhnya sempurna. Bisa jadi, bayi pun masih terbiasa meminum ASI.

Malnutrisi

Memberikan nasi di usia yang tidak tepat juga bisa berisiko bayi terkena obesitas, moms. Jika bayi sudah terkena obesitas, penyakit lain akan mudah menghinggap di tubuh bayi. Hal tersebut karena nasi yang dikonsumsi belum sepenuhnya diserap dan dicerna dengan baik oleh tubuh bayi. Nasi yang dikonsumsi bayi akan membuat nutrisi pada tubuh menjadi tidak seimbang, bahkan bisa membuat nutrisi-nutrisi yang bersumber dari ASI bisa hilang. Jadi, pastikan pencernaan bayi sudah siap, moms.  

baca juga

Waktu yang Tepat Memberikan Nasi Pada Bayi

Sebelum siap mengonsumsi nasi, bayi lebih dulu diberikan ASI sampai usianya mencapai 6 bulan, kemudian ibu bisa memberikan bayi MPASI (Makanan Pendamping ASI) alias bayi tidak hanya diberikan ASI saja, tetapi ada makanan pendampingnya. Makanan pendampingnya harus disesuaikan dengan kesiapan sistem pencernaannya, moms. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan bayi nasi?

Terlebih dahulu, moms harus tahu ciri dari bayi yang sudah siap menerima nasi atau makanan selain ASI yakni cara bayi dalam mengunyah makanan sudah mulai teratur, alias bayi sudah tidak mendorong makanan keluar mulut saat sedang mengunyah. Selain itu, bayi mulai terlihat tertarik dengan makanan baru, sekaligus bayi sudah bisa menopang kepalanya sendiri.

Sementara itu, usia yang tepat bagi bayi untuk mengonsumsi nasi yakni pada usia 1 tahun, atau lebih. Meski sudah terlihat ciri-ciri bayi siap mengonsumsi nasi, moms juga harus terus pantau dan konsultasikan dengan dokter, ya.