Datangnya bulan Ramadhan sama artinya dengan datangnya kewajiban untuk berpuasa. Banyak orang yang berharap dengan berpuasa berat badan mereka dapat turun, karena ketika Ramadhan pola makan akan berkurang, yang biasanya makan 3 kali sehari dan masih diselingi dengan beragam camilan kini hanya makan ketika waktu sahur dan berbuka.

Tapi ternyata, meskipun pola makan berkurang tak sedikit orang yang gagal menurunkan berat badan ketika puasa, bahkan ada yang malah berat badannya naik. Nah agar tidak gagal dalam program penurunan berat badan selama puasa, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun berpuasa, memenuhi cairan tubuh agar selalu terhidrasi adalah hal yang sangat penting. Minum minimal 2 liter air perhari selain dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat membantu menurunkan berat badan. Karena jika cairan tubuh terpenuhi keinginan untuk ngemil akan berkurang. Selain itu terpenuhinya cairan tubuh selama puasa juga akan membuat tubuh tetap bugar dan tidak lemas secara berlebihan.

baca juga

Hindari Gorengan

Konsumsi gorengan untuk takjil saat berbuka memang terasa sangat nikmat. Tapi jika moms berencana untuk menurunkan berat badan selama berpuasa, sebaiknya kebiasaan ini dihindari. Gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi, lemak jenuh adalah lemak yang mengendap dalam tubuh dan berisiko menimbulkan kenaikan berat badan. Jadi moms, sebaiknya selama Ramadhan ini hindari konsumsi gorengan, ganti menu takjil dengan makanan yang lebih sehat seperti buah, sayur atau kacang-kacangan. 

Hindari Makanan Berbahan Dasar Tepung

Tepung adalah salah satu jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, sehingga mengonsumsi makanan dengan berbahan dasar tepung akan menimbulkan efek lapar yang lebih cepat dibanding konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Oleh sebab itu moms sebaiknya menghindari konsumsi makanan berbahan dasar tepung jika memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan selama puasa. Selain membuat cepat lapar, makanan berbahan dasar tepung biasanya adalah makanan yang kurang sehat seperti mi, kue, dan gorengan.  

baca juga

Batasi Konsumsi Makanan Manis

Anjuran untuk berbuka dengan yang manis sebenarnya bertujuan untuk kembali meningkatkan energi yang terkuras selama berpuasa secara instan. Pada umumnya makanan manis mengandung glukosa, yaitu sumber utama energi yang diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Tapi ternyata berbeda sumber rasa manis berbeda pula energi yang dihasilkan loh moms. Kandungan rasa manis dari buah dan kurma tentu berbeda dengan rasa manis dari sirup dan kolak. Jadi jika moms ingin menurunkan berat badan sebaiknya perhatikan asupan makanan manis yang moms konsumsi, perhatikan pula sumber dari rasa manis tersebut.  

Atur Pola Makan

Meskipun berpuasa adalah salah satu dari bentuk pengaturan pola makan, tapi beberapa orang justru salah dalam memanage pola makan pada saat puasa. Mereka yang cenderung buka puasa secara kalap dan berlebihan justru akan menderita beberapa keluhan seperti perut begah atau konstipasi. Moms yang sedang berniat menurunkan berat badan selama puasa baiknya mengatur pola makan terutama pada saat berbuka. Makanlah secara bertahap, seperti minum air putih dan kurma saat sahur, makan berat sehabis sholat magrib secukupnya, lalu memakan kudapan sehat setelah sholat tarawih. 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Meskipun dalam keadaan puasa, sistem pencernaan tetap harus berjalan dengan baik dan optimal. Salah satu syarat agar sistem pencernaan berjalan baik adalah terpenuhinya serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bermanfaat bagi sistem cerna, mengonsumsi serat juga sangat dianjurkan untuk moms yang ingin berat bedanya turun ketika puasa, serat menimbulkan sensasi kenyang yang lebih lama sehingga moms tidak akan memiliki nafsu berlebih untuk mengonsumsi camilan. Kandungan serat ini bisa moms dapat dari memperbanyak konsumsi sayur dan buah baik saat berbuka maupun sahur.

Jangan Langsung Makan Berat Saat Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa orang akan cenderung ingin memakan apa saja yang terhidang, termasuk makanan berat. Ini adalah musuh besar bagi moms yang ingin berat badannya turun, karena langsung makan makanan berat saat berbuka bisa membuat perut belum siap menerima banyaknya makanan yang masuk setelah seharian perut kosong. Langsung makan makanan berat ketika berbuka juga akan membuat moms lapar pada malam hari, hal ini tentu dapat menggagalkan rencana moms yang ingin berat badannya turun.

Hindari Makanan Pedas

Rasa pedas umumnya menimbulkan sensasi 'nagih' yang dapat membuat moms tidak bisa mengontrol asupan makanan yang masuk. Langsung memakan makanan pedas ketika perut dalam keadaan kosong juga dapat menimbulkan iritasi pada perut yang berakibat mulas dan diare. Makanan pedas sangat tidak dianjurkan, terlebih untuk moms yang memiliki misi menurunkan berat badan selama puasa. Selain karena risiko susah mengontrol makanan yang masuk, makanan pedas juga dapat menyakiti lambung yang justru bisa menimbulkan masalah lain.