Telur Puyuh

Telur puyuh yang memiliki bentuk yang unik ini ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan moms. Telur dari burung puyuh ini seringkali menjadi makanan favorit yang disukai si kecil atau bahkan keluarga. Karena kandungannya yang baik bagi tubuh,  moms biasanya mengolah telur puyuh ini menjadi masakan atau sekedar cemilan yang direbus.

Kandungan Gizi Telur Puyuh

  • Protein tinggi. Telur puyuh mengandung protein tinggi yang tiap lima butirnya setara dengan sebutir telur ayam. Protein sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi. Salah satu manfaat protein adalah untuk sumber energi yang mampu membangun dan menguatkan otot pada si kecil. 
  • Vitamin A dan kolin. Vitamin A yang baik untuk mata ternyata bisa ditemukan dalam telur puyuh moms. Selain vitamin A,  telur ini juga mengandung kolin, yang  mana kedua nutrisi ini bekerja sama menjaga kerja sistem imun tubuh untuk mencegah risiko penyakit dan infeksi, khususnya mencegah perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin juga berfungsi memelihara fungsi sistem saraf dan indra penglihatan si kecil. 
  • Zat besi. Kandungan telur puyuh swlanjutnya adalah zat besi. Zat besi tersebut berfungsi memproduksi sel darah merah sehat untuk mencegah anemia. Zat besi juga mungkin berpotensi memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.
baca juga

Waktu yang Tepat Memberikan Telur Puyuh Pada Bayi

Sebagaimana MPASI pada umumnya, bayi mulai boleh mengkonsumsi telur puyuh saat berusia 6 bulan. Hal ini disebabkan karena pada saat usia belum mencapai 6 bulan,  bayi dikhawatirkan belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Oleh sebab itu, aturan pemberian MPASI dimulai setelah usia bayi mencapai 6 bulan. 

 

Adapun pemberian pertama, moms hanya boleh memberikan kuning telurnya terlebih dahulu. Karena jika memberikan putih telur, dikhawatirkan bayi memiliki alergi terhadap telur, maka langkah pertama yaitu dengan memberikan kuning telur terlebih dahulu. Jika tidak terjadi alergi maka moms boleh memberikan putih telur pada bayi,  sebaliknya jika mengalami alergi segera konsultasikan kepada dokter. 

Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi

Kandungan telur puyuh yang beragam memberikan banyak manfaat pada bayi. Tentunya manfaat tersebut mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi moms. Namun jangan terlena ya moms, meski banyak manfaat moms juga harus memperhatikan aturan konsumsinya ya. Nah moms, berikut beberapa manfaat telur puyuh yaitu:

baca juga

Menyembuhkan Batuk dan Asma

Telur puyuh mengandung nutrisi penting yang akan membantu anak melawan berbagai penyakit, termasuk batuk dan asma. Kandungan protein tinggi telur puyuh juga membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Jadi banyak sekali manfaat telur puyuh ini ya moms. 

Meningkatkan Imunitas dan Kecerdasan

Bayi cenderung memiliki imunitas tubuh yang bergantung pada ibunya. Hal ini disebabkan karena asupan bayi hanya berasal dari asi. Nah moms, salah satu penambah sistem imun bayi adalah dengan memberikan telur puyuh jika sudah mencapai usia 6 bulan ya. 

Menjaga Kesehatan Mata

Selain menjaga imunitas tubuh,  ternyata telur puyuh juga mampu menjaga kesehatan mata lho moms. Tentunya hal ini disebabkan karena telur puyuh kaya akan vitamin A yang memiliki manfaat menjaga mata. Maka mengkonsumsi telur puyuh menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mata si kecil moms.