1. Kencur Untuk Menghilangkan Pegal Linu

Sejak turun temurun zaman nenek moyang kita, sudah banyak yang menggunakan kencur sebagai jamu dan perawatan untuk menghilangkan pegal. Bagi wanita yang habis melahirkan mengoleskan kencur ke seluruh tubuh dapat menghilangkan pegal-pegal dan membuat badan menjadi hangat. Caranya mudah kok mom, haluskan kencur menggunakan parutan tradisional atau blender, kemudian balurkan ke seluruh tubuh. 
 

source: http://kencur.org



 

2. Memakai Stagen

Stagen adalah berupa kain yang berukuran sangat panjang namun tidak terlalu lebar dan digunakan untuk mengecilkan perut. Setelah melahirka tentunya ukuran perut akan lebih besar dan kendur. Nah, stagen ini fungsinya untuk mengembalikan ukuran perut dan membuat otot perut kembali kencang. Mom sudah ada yang pernah menggunakannya? 
 

source: http://www.motherneeds.com



 

baca juga

3. Minum Jamu Daun Pepaya

Jika ingin mengembalikan bentuk tubuh, perawatan setelah melahirkan dengan minum jamu daun pepaya ini bisa jadi pilihan lho, mom. Cara membuatnya pun cukup mudah yakni, haluskan beberapa lembar daun paya, daun sambiloto dan asam jawa secara bersamaan menggunakan blender. Setelah itu rebus semua bahan bersama dua gelas air hingga mendidih. Selanjutnya saring jamu dan minum setelah hangat atau dingin. 
 

source: http://necturajuice.com



 

4. Pijat Tradisional Menggunakan Kencur dan Jeruk Nipis

Pijat tradisional menggunakan beras kencur dan jeruk nipis ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal dan membersihkan sel kulit mati pada tubuh. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis ini, baik untuk membersihkan kulit tubuh pasca melahirkan lho, mom. Selain itu kandungan asamnya juga dapat membuat kulit putih dan bersih. Setelah pijat akan lebih segar jika mom mengkonsumsi jamu beras kencur yang dicampur dengan kunyit asam. 
 

source: http://www.healthyfirst.id