Pulang kampung saat momen lebaran kurang afdol rasanya jika anak tidak hadir. Rasanya hati tidak tenang sehingga membuat suasana kumpul bersama keluarga pun tak nyaman. Di sisi lain, moms yang masih menyusui sering merasakan ketikdanyamanan ketika harus melakukannya di depan umum khususnya di dalam pesawat.

Tidak mudah untuk menyusui di pesawat yang dengan kabin yang kurang besar? Jika begini, tentu cara paling tepat menggunakan botol susu. Dengan bekal informasi dan persiapan yang matang, perjalanan di pesawat bersama si kecil yang masih menyusu pun tetap menyenangkan. So, ada beberapa tips menyusui di pesawat yang bisa dilakukan agar moms tetap nyaman.

1. Siapkan Perlengkapan Menyusui

Moms jangan khawatir pada bawaan ketika berpergian bersama si kecil. Pasalnya moms diperbolehkan membawa dua tas yaitu tas jinjing dan tas popok ke dalam pesawat. AISP bisa bertahan di suhu ruang selama 8 jam, so jangan lupa bawa ice pack saat perjalanan panjang ya moms.

Siapkan juga pembersih tangan dan tisu disinfektan untuk membersihkan sandara tangan di meja pesawat. Oh ya, penutup payudara dan gendongan bayi agar moms dan si kecil selama di pesawat.

Perlu diperhatikan, jangan pernah mencoba membersihkan pompa atau botol di dalam pesawat. Hal ini dilakukan demi menghindari bakteri yang bisa saja menempel dari penumpang lain atau sebelumnya. Simpan saja pompa dan botol dalam kantung plastik setelah digunakan untuk dibersihakan sesampai moms dan si kecil di tujuan. Bisa juga moms meminta iaur kemasan kepada pramugari.

baca juga

2. Siapkan ASI Perah Dalam Cooler Bag

Untungnya! Moms tidak usah khawatir pada peraturan terkait cairan yang bisa dibawa ketika terbang. Pasalnya Badan keamanan Transportasi Ameriaka (TSA) melonggarkan peraturan khusu pembawaan ASIP di atas 89 ml.

Namun moms harus memberikan informasikan pada pihak maskapai dan petugas bandara kalau moms membawa cairan melebihi dari jumlah peraturan sesungguhnya. Lebih baik lagi jika moms sudah mengemasi ASIP dikemas per porsi agar mudah kalau sewaktu-waktu membutuhkan.

Meski ASIP dan ice packs kemungkinan besar lolos X-ray, TSA akan meminta moms menuangkan ASIP sedikit dan mencobanya. Jika moms tidak mau melakukannya, kemungkinan ada pemeriksaan tambahan. Beberapa maskapai menawarkan TSA Pre-Check, sebuah program pemeriksaan cepat yang membaut proses berjalan lancar.

3. Perhatikan Waktu Pemberian ASIP atau ASI

Agar si kecil tetap merasa nyaman mulaui dari awal hingga akhir perjalanan, sebisa mungkin hindari menyusui saat lepas landas atau mendarat. Ini akan membantu meringankan tekanan di telinga si kecil.

Jadi apakah moms sudah siapkah moms mudik?